Monday, January 23, 2017

Review Anime Shiki

Peringatan: Post ini mengandung spoiler. Bagi yang tidak kuat disarankan tidak membuka kotak spoiler :)


Yo Konnichiwa sobat Otatechnime~ Kali ini mimin bakal nge review salah satu anime mystery horror yang cukup recommended. Nama judulnya Shiki. Ini anime bukan sembarang anime. Dari genrenya saja sudah menggoda, yaitu mystery, horror, supranatural, thriller (kebetulan mimin pencinta anime mystery). Maka itu mimin cukup kagum dengan cerita yang dikemas anime ini hingga cukup membuat terkesan hehehe...

Ps: Perlu diketahui Shiki menampilkan adegan-adegan gore yang mengusik mental 😅

Yap langsung saja kita review...

Airing

Anime ini tayang di jepang dari 9 Juli hingga 31 Desember 2010. Cukup pantas 6 bulan tayang untuk 20-an episode. Anime Shiki dikemas dalam 22 episode utama dan 2 episode spesial. Kebetulan mimin belum nonton yang spesialnya tuh, tapi dari 22 episode yang utama sudah cukup layak untuk disaksikan.

Di produseri oleh Aniplex, yah dari sini saja sudah cukup mengundang selera, secara Aniplex sudah melahirkan banyak anime mainstream yang pasti kalian tahu (SAO, Naruto, Fullmetal Alchemist, Bleach). Jadi tidak ada salahnya untuk ditonton.

Appareance

Untuk tampilan anime ini sendiri cukup memiliki gaya khas. Kesan aura yang ditampilkan begitu kelam dan dark. Sangat cocok dengan genrenya. Lalu karakternya-karakternya juga memiliki ciri khas tersendiri dari gaya rambutnya. Kita jadi lebih mudah mengingat karakter-karakter di Shiki.

Belum lagi, setting latar cerita yang memfokuskan di Desa membuat penonton seolah berada disana. Karena itu juga, kita bakal mengetahui lebih dalam dari masing-masing karakter sehingga membuat kita terhanyut dalam cerita. Ditambah dengan musik dan sound effect yang kental akan aura kelamnya(sulit memang untuk dijelaskan) 😁

Story

Sekarang kita masuk ke inti cerita. Jadi Anime Shiki merupakan anime supranatural karena menghadirkan makhluk mitos seperti Vampire dan Werewolf. Sekilas mungkin kita bosan kenapa harus vampire lagi, harus werewolf lagi macam pilem-pilem yang tayang tuh. Eitsss...tapi Shiki menghadirkan sesuatu yang berbeda, dimana cerita akan terfokus terhadap dua kubu yang akan saling bertahan hidup, kubu vampire dan kubu manusia.

Jadi gimana?

Jadi...cerita dimulai dari suatu desa bernama Desa Sotoba. Di desa ini, penduduknya tinggal dalam damai. Dalam anime, pendeskripsian cerita dimulai dari cewek bernama Shimizu Megumi yang kagum dan berangan-angan dengan sebuah kastil mewah di atas bukit. Dia juga menyukai tokoh protagonist kita Yuuki Natsuno. Cerita berjalan hingga klimaks akhir episode adalah kematian Megumi yang misterius. Dokter desa, Ozaki Toshio dibuat bingung karenanya. Kematian tidak wajar seperti kehabisan darah. Awalnya di diagnosa anemia, tapi ternyata banyak kejanggalan yang membuat sang dokter dibuat pusing karenanya. Dan terjadilah berbagai macam kematian janggal yang meresahkan warga desa. Maka itu dengan sekuat tenaga, sang dokter berusaha mencari tahu kebenaran dibalik kematian misterius yang melanda desa mereka.

Awalnya setelah melihat episode pertama, mimin menduga kematian-kematian itu hanya karena disebabkan oleh satu orang atau villain jahatnya lah kira-kira begitu. Tapi ternyata mimin salah hehe. Ini anime mengemas cerita hingga menciptakan ending yang cukup memuaskan dan juga hufh *merinding*.



Masih penasaran? Yang ga kuat di spoil silahkan scroll terus kebawah, yang tahan banting silahkan mencicipi  XD

Spoiler:
Cerita Shiki akan mengantarkan kita ke dunia kelam dimana desa yang kita huni ternyata sudah kedatangan tamu makhluk lain. Merekalah Vampire. Mereka datang ke desa ini bukan untuk tujuan menghancurkan atau menguasai dunia. Mereka hanyalah ingin bertahan hidup. Sama halnya seperti kita yang memburu hewan sebagai santapan, mereka membutuhkan darah manusia untuk bertahan hidup. Mereka hanya butuh darah agar rasa haus dan lapar mereka terpenuhi. Nah setelah mengetahui latar belakang ini, mimin bisa meneruskan cerita lebih mudah. Intinya, setiap kematian warga desa adalah perbuatan vampire yang sedikit demi sedikit menghisap darah mereka seakan-akan terjangkit anemia. Ketika korban kehabisan darah mereka akan mati dan disini dapat terjadi dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, mereka benar-benar mati dan kemungkinan kedua adalah mereka akan hidup kembali menjadi vampire atau menjadi werewolf. Perbedaannya? Vampire tidak bisa terkena sinar matahari sedangkan werewolf sanggup keliaran disiang hari.
Characters

Mimin akan coba mendeskripsikan beberapa karakter penting di anime Shiki, tapi gak semuanya hehe...

Yuuki Natsuno
Protagonist di anime ini. Sifatnya acuh tak acuh, tapi cukup peduli dengan temannya (yang sudah dia percayai). Doi adalah warga abru di desa setelah pindah dari kota.

Spoiler:
Natsuno tewas setelah mendapatkan gigitandari teman baiknya yang sudah lebih dulu menjadi vampire, Mutou Tooru. Doi bangkit menjadi werewolf dan bergerak melawan vampire membantu dokter Ozaki. Doi pada episode terakhir akan melakukkan meledakkan diri bersama dengan werewolf lainnya, Tatsumi.
Toshio Ozaki
Protagonist lainnya yang merupakan seorang dokter. Awalnya doi bingung dan penasaran sama kematian aneh yang terjadi di desa, yang pada akhirnya berhasil menguak misteri dibalik semua itu dan melakukkan gerakan melawan vampire.

Muroi Seishin
Seorang pendeta kuil yang memiliki kekuatan supranatural untuk mengetahui keberadaan shiki. Doi sering berbincang dengan Kepala Vampire, Kirishiki Sunako.

Spoiler:
Doi nih berteman dengan kepala keluarga vampire, Sunako dan sempat melindungi Sunako sebelum akhirnya mereka berdua terbakar di ending animenya.
Mutou Tooru
Sahabat Natsuo yang sangat dipercayainya. Doi berkepribadian baik dan sering membiarkan Natsuo menginap di rumahnya.

Spoiler:
Tooru akhirnya menjadi vampire setelah digigit oleh Megumi, dan nanti dia lah yang menggigit Natsuo hingga berubah menjadi werewolf. Doi kembali tewas bersama dengan suster yang disukainya Kunihiro Ritsuko.
Murasako Masao
Karakter paling mimin ga demen di Shiki haha. Karakter nya egois, pencemburu, freak yah udah aneh-aneh dah. Untuk yang ini mimin males ngasih deskripsinya haha.

Kunihiro Ritsuko
Suster cantik yang bertugas di klinik tempat dokter Ozaki bekerja. Style rambutnya emang unik tapi tertutupi sama kebaikan dan keramahannya 😁.
Spoiler:
Sayangnya, doi kena gigit dan jadi vampire. Tapi doi tetep berpegang teguh gamau meminum darah hingga akhir hayatnya sebagai shiki.
Tanaka Kaori
Teman masa kecil Megumi yang sangat perhatian padanya. Kaori memiliki adik bernama Tanaka Akira. Mereka berdua survive di akhir cerita *ups.

Tanaka Akira
Adik dari Kaori yang juga survive pada akhir cerita *ups lagi

Kirishiki Sunako
Ini dia biang keladi bencana, sang shiki yang berumur ratusan tahun ini menjadi kepala keluarga di kastil mewah yang dibangun diatas bukit. Tampang nya memang anak kecil karena dia sudah menjadi shiki saat umur segitu. Dia yang mengerahkan para shiki untuk 'perang' terhadap manusia

Spoiler:
Dia sempat hampir mati tapi berhasil diselamatkan Mutou. Mereka berdua terlihat terbakar tetapi sepertinya berhasil selamat masuk koper :v
Kirishiki Chizuru
Kalo ini keliatan kayak ratu vampire yah hehe. Doi berperan menjadi 'ibu' Sunako, secara umur mereka terpaut jauh lebih dulu sunako, cmiiw :)
Doi juga berperan sebagai istri dari Kirishiki Seishirou.

Spoiler:
Chizuru ditipu sama Ozaki sehingga menyebabkan doi tersudut saat festival dan berhasil dibunuh oleh warga. Sebelumnya doi udah ngegigit Ozaki supaya bisa di hipnotis tapi ternyata sudah kebih dahulu di gigit Natsuo sehingga efek hipnotisnya tidak mempan.
Kirishiki Seishirou
Yang berperan jadi suami Chizuru. Doi berpenampilan seperti gambar diatas seakan-akan merupakan bangsawan yang tinggal di kastil mewah.

Spoiler:
Doi sebenarnya adalah manusia loh
Tatsumi
Awalnya supir tapi makin kesini jadi seperti ajudan rumah tangga hhehehe. Tapi doi memang yang bertugas mengurus kepentingan keluarga di kastil. Style rambutnya unik, ada telinganya, jangan-jangan doi... :p

Spoiler:
Yap benar, doi shiki tipe werewolf. Karena hanya dia yang bisa keluar siang, maka operasional dan pengintaian dia yang lakuin.
Kira-kira segitu aja pengenalan tokoh yang ada di Shiki. Jika masih penasaran silakan di tonton animenya hehe.

Overall, untuk anime Shiki mimin kasih 8.5/10. Ini menurut mimin dan jangan dijadikan patokan hehe.
Ini anime bener-bener bikin nagih. Cerita yang cukup misterius dan ending yang luar biasa emang bikin ini anime top untuk ukurannya.

Endingnya? Ya yang masih sanggup silakan dibuka...yang tidak kuat silakan tonton sendiri hehe...

Spoiler:
Alur pada ending cerita bakal berbalik 180 derajat. Awal-awal emang manusia diterror dengan keberadaan shiki, tapi pada endingnya, justru manusia lah yang bakal ngebantai para shiki yang sudah tersudutkan. Setelah tau kelemahan mereka adalah sinar matahari, pasak kayu, salib dan kuil, maka warga desa dengan mudah menyergap para shiki dan membantai mereka satu per satu.
Yap sekian ulasan mimin mengenai anime Shiki. Bagi penggemar gore, Shiki cocok untuk kalian.

Baca Juga: Review Anime Mahou Shojou Ikusei Keikaku

Sekian post kali ini, sampai ketemu di post selanjutnya~
Sayonara~

sumber

Share this

0 Comment to "Review Anime Shiki"

Post a Comment