Thursday, March 2, 2017

Pengertian Heap Sort

Yo~ Konnichiwa~ Sobat Otatechnime

Pengertian


Heap Sort merupakan salah satu dari 6 jenis metode sort atau sorting (melakukkan pengurutan). Heap sort ini menggunakan teknik sorting dengan menggunakan teknik heap. Teknik tersebut tersebut merupakan teknik pengelolaan data yang menggunakan binary tree. Data yang dikelola maksudnya adalah bagaimana data yang sudah terstruktur akan di organisir kembali jika kita memasukkan data baru atau meng-insert data baru, atau pula menghapus data. Teknik itulah yang diterapkan di metode heap sort. Inti dari pengurutan secara heap adalah pengerjaannya yang dilakukkan dengan pengurutan ascending dan descending, jadi ada dua kali pengurutan. Lebih lengkapnya akan dijelaskan di bagian metode.

Perlu diingat dalam melakukkan pengurutan dengan heap sort, usahakan untuk membawa coret-coretan bagi yang bingung buat mempermudah pembelajaran. Bagi yang sanggup mencerna metodenya di luar kepala cukup dengan membaca metode dan langkahnya di bagian metode.

Metode


Metode Heap sort akan dijelaskan dibawah ini. Seperti biasa, kita akan mengurutkan secara ascending suatu himpunan baris data berikut.

5 2 3 9

Kita punya 6 data yang masih berantakan dan tidak teratur, sekarang kita akan mengurutkannya dengan metode Heap sort. Sebelum kita urutkan secara ascending, terlebih dahulu kita memasukkannya ke heap mode. Bagaimana caranya? Perhatikan gambar berikut.



Penjelasan

1. Pertama kita masukkan rangkaian data ke heap tree. Masukkan data pertama yaitu 5 menjadi parent.
2. Masukkan data berikutnya yaitu 2 menjadi child dari 5. Masukkan ke bagian kiri terlebih dahulu.
3. Masukkan data berikutnya yaitu 3 ke child bagian kanan.
4. Masukkan data berikutnya yaitu 9 menjadi child dari 2. Nah karena data 9 lebih besar dari data 2 maka letaknya kita tukar.
5. Sekarang data 9 menjadi child kiri dari data 5. Karena 9 masih lebih besar dari 5, letaknya kita tukar.
6. Sekarang 9 menjadi parent yang memiliki child kiri 5 dan child kanan 3.

Mengapa Begitu?

Karena kita ingin mengurutkan data secara ascending, maka yang kita lakukkan pada tree adalah melakukkan descending yaitu kebalikannya. Karena sekarang nilai terbesar yaitu 9 sudah pada posisi parent kita keluarkan dari heap dan letakkan ke paling kanan baris dan sudah terhitung fully sorted (sudah tersusun).

7. Karena data 9 sudah keluar dari heap, maka data paling kanan dari heap maju menjadi parent. Kali ini data 3 menjadi parent.
8. Lalu posisi heap sekarang adalah data 3 sebagai parent memiliki child kiri 5 yang memiliki child kiri 2. Sekarang kita bandingkan kembali,
9. Karena 5 lebih besar dari 3 maka posisi kita tukar.
10. Sekarang 5 menjadi parent dengan child 3, dan 3 memiliki child 2. Pada posisi sekarang karena 3 sudah lebih besar dari 2 maka tidak kita tukar.
11. Berikutnya kita keluarkan data 5 dari heap dan letakkan di sebelah kiri data 9 yang sudah tersusun tadi. Jadikan fully sorted.
12. Data 3 berubah menjadi parent dan karena tidak ada perubahan posisi maka data 3 kita keluarkan dan taruh di kiri data 5 sebagai fully sorted.
13. Data terakhir yang tersisia yaitu data 2 kita keluarkan dari heap dan kita letakkan di kiri data 3 sehingga sekarang semua data sudah tersortir.

2 3 5 9

Begitulah kurang lebih penjelasan bagaimana cara kita melakukkan pengurutan dengan menggunakan metode heap sort secara sederhana. Bagi yang masih kebingungan bisa di tanyakan di kolom komentar. Terimakasih~

Metode Yang lain

Share this

0 Comment to "Pengertian Heap Sort"

Post a Comment