Thursday, March 2, 2017

Pengertian Sort atau Sorting

Yo~ Konnichiwa sobat Otatechnime

Pengertian Sort

Sort atau istilah yang sering kita gunakan yaitu sortir merupakan suatu pengelompokan elemen data yang diurutkan berdasarkan besarnya nilai data, dimana data dapat diurutkan secara Ascending maupun Descending. Data tersebut diurutkan agar kita mudah untuk kembali mencari data atau membaca data. 

Pengurutan data dapat dilakukkan secara Ascending maupun Descending. Apa itu ascending dan descending?

1. Ascending

Merupakan suatu pengurutan nilai data yang diurutkan mulai dari nilai terkecil hingga nilai data yang terbesar. Pengurutan tersebut seperti kita mengeja itungan 1-9.
Sebagai contoh

1 4 8 9 23 40 55 76 91 100

Contoh diatas merupakan pengurutan secara ascending. Data dengan nilai 1 merupakan data dengan nilai terkecil lalu diurutkan sampai data yang terbesar yaitu data dengan nilai 100.

2. Descending

Jika ascending merupaka pengurutan bilangan secara terurut mulai dari data dengan nilai terkecil hingga nilai terbesar, maka descending merupakan kebalikannya. Data diurutkan dari data yang memiliki nilai terbesar hingga data dengan nilai data yang paling kecil.
Sebagai contoh

99 80 75 63 50 41 38 20 15 5

Contoh diatas merupakan pengurutan secara descending. Data diurutkan mulai dati yang memiliki nilai terbesar yaitu data dengan nilai 99 diurutkan hingga data yang memiliki nilau terkecil yaitu 5.

Dengan adanya tipe pengurutan data seperti ascending dan desceding, maka data yang akan kita cari akan lebih mudah untuk ditemukan. Misal kita ingin mencari data yang mau kita edit atau kita tambahkan. Dengan sort kita dapat dengan lebih mudah mencari letak data daripada kita mencari di kumpulan data yang masih acak. Sebagai perumpamaan, akan lebih mudah mencari barang di tempat yang rapi dan tertata daripada mencari barang di tempat yang berantakan dan acak-acakan bukan? Nah seperti itulah konsep yang diterapkan di metode sort sehingga sekali lagi sangat memudahkan dan menguntukan orang yang akan mencari data.

Metode

Untuk metode pengurutannya sendiri ada 6 macam, dimana masing-masing memilik icara tersendiri untuk mengurutkan data. Metode tersebut dipakai dalam pengaturan algoritma pencarian dan sejenisnya.

Apa sajakah metode sort yang akan dibahas?

A. Bubble Sort

Buble sort merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan di suatu algoritma.
B. Selection Sort

Selection sort merupakan metode pengurutan yang menggunakan teknik penyeleksian

C. Insertion Sort

Metode insertion sort merupakan metode penyisipan data

D. Heap Sort

Metode ini menyerupain binary tree untuk mengurutkannya.

E. Merge Sort

Merge sort merupakan teknik penggabungan dari masing-masing data yang diurutkan

F. Quick Sort

Quick sort merupakan metode yang mengunakan titik tumpu untuk pengurutannya.
Semoga bermanfaat :)

Share this

0 Comment to "Pengertian Sort atau Sorting"

Post a Comment