Thursday, March 2, 2017

Pengertian Linear Search

Yo~ Konnichiwa Sobat Otatechnime

Pengertian

Pada bahasan sebelumnya yaitu Pengertian Selection Sort, diperlukan pemahaman mengenai apakah itu linear search. Karena Selection sort bisa kita lakukkan jika sudah memahami secara betul bagaimana linear search bekerja. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana sistematis linear search dalam mencari data pada suatu himpunan data.

Yang dimaksud dengan linear search kali ini adalah pencarian data secara linear dengan memanfaatkan suatu array bilangan. Jadi semisal kita memiliki sebuah rak buku dengan berbagai macam jenis dan judul buku di dalam satui baris rak. Misalkan kita ingin mencari buku dengan bertajuk cara memasak. Maka hal yang pertama kita lakukkan adalah memeriksa satu persatu judul yang tertera pada bagian samping buku. Dari bagian buku paling kiri hingga buku paling kanan, dan ketika kita menemukan judul yang cocok, buku tersebut akan kita ambil. Begitulah analogi yang bekerja pada sistem linear search.


Langkah pencarian

1. Yang kalian lakukkan adalah melakukkan pencarian pada angka yang kalian hendaki pada suatu baris bilangan. Seperti contoh, disediakan baris bilangan sebagai berikut.

7 8 2 6 4 1 3

2. Kita akan mencari angka 1 pada baris tersebut, bagaimana? Yang dilakukkan adalah mencari satu persatu dari awal baris yaitu pada bagian paling kiri baris.

7 8 2 6 4 1 3

3. Angka yang kita temukan adalah angka 7. Namun angka 1 bukanlah angka yang kita ingin temukan. Maka itu kita tandai dengna warna merah terlebih dahulu.

7 8 2 6 4 1 3

4. Setelah itu, kita lanjut ke index berikutnya yaitu angka 8. Apakah angka 8 merupakan angka 1? Karena bukan, kita lanjut ke angka selanjutnya.

7 8 2 6 4 1 3

5. Apakah angka 2 = angka 1? Bukan. Maka kita lanjut ke nilai berikutnya.

7 8 2 6 4 1 3

6. Apakah angka 6 = angka 1? Bukan. Kita lanjut ke nilai berikutnya.

7 8 2 6 4 1 3

6. Apakah angka 4 = angka 1? Bukan. Kita lanjut ke nilai berikutnya.

7 8 2 6 4 1 3

6. Apakah angka 1 = angka yang kita cari? Yup benar. Maka pencarian berakhir karena kita sudah menemukan angka yang kita cari, yaitu angka 1.

7 8 2 6 4 1 3

Begitulah kirang lebih contoh bagaimana sistem linear search bekerja dalam melakukkan pencarian data.

Share this

1 Response to "Pengertian Linear Search"