Thursday, March 2, 2017

Pengertian Selection Sort

Yo~ Konnichiwa Sobat Otatechnime

Penegertian

Sebelumnya sudah dijelaskan apa itu sort atau sortir atau penyusunan dan dapat kalian baca di Pengertian Sort. Jika sudah paham maka kita masuk lebih detail untuk memahami salah satu metode dalam melakukkan sort atau penyusunan yaitu Selection Sort. Jika kita terjemahkan ke bahasa Indonesia maka artinya penyusunan secara seleksi. Nah begitu pula teknik yang akan dilakukkan menggunakan Selection sort ini. 

Kunci utama dalam metode selection sort adalah pada liniear search. Jika sudah paham apa itu linear search maka bisa kita lanjutkan, tapi bagi yang masih belum paham atau tidak tahu apa itu linear search bisa kalian baca terlebih dahulu di Pengertian Linear Search

Metode

Setelah kalian paham bagaimana pencarian linear search maka kita bisa lanjut memasuki teknik penyusunan selection sort. Dalam melakukkan penyusunan dipastikan kita memiliki baris sequence atau suatu himpunan data. Lalu kita akan melakukan sortir terhadap data yang tersajikan. Ingat, karena ini adalah selection sort atau penyusunan terseleksi maka cara yang kita lakukkan adalah menseleksi tiap nilai pada data, lalu data yang sudah terseleksi akan kita pindahkan ke paling kiri baris.

Berikut menggunakan contoh agar lebih mudah dipahami.

keterangan: 

Angka berwarna hijau sudah tersusun dan tidak berubah. 
Angka berwarna merah menunjukkan angka yang akan dipindahkan.

1. Pertama, kita memiliki suatu baris sequence seperti berikut.

5 7 8 9 3 2 1 6 4

2. Baris tersebut masih acak dan akan kita susun menurut metode selection sort. Yang harus kita lakukkan adalah mencari data dengan nilai terkecil agar kita urutkan secara ascending. Dengan linear search dapat kita temukan nilai terkecil adalah satu.

3. Angka satu tersebut akan kita pindahkan ke baris paling kiri dan sudah dianggap tersusun.

1 5 7 8 9 3 2 6 4

4. Setelah itu kita mencari kembali angka yang paling kecil selain angka satu. Kita temukan angka 2. Maka kita pindahkan kembali angka 2 ke baris paling kiri. Kita tempatkan ke sebelah kanan 1. Kenapa kanan 1? Kok tidak di kiri-nya 1? Karena angka 1 tadi sudah kita nyatakan tersusun sehingga letaknya sudah pasti. Maka ketika angka 2 dipindahkan, dia akan tersusun setelah angka 1. Dan yang akan kita panggil baris merupakan nilai yang belum disusun. Seeprti contoh diatas, maka baris setelah 1 tersusun yaitu 5 7 8 9 3 2 6 4. Sekarang kita pindahkan nilai 2.

1 2 5 7 8 9 3 6 4

5. Begitu juga dengan langkah selanjutnya. Angka terkecil adalah angka 3, lalu kita pindahkan kembali ke baris kiri.

1 2 3 5 7 8 9 6

6. Kita pindahkan kembali angka 4 ke bagian kiri baris.

1 2 3 4 5 7 8 9 6

7. Jika kita temukan angka 5 merupakan yang paling kecil dan sudah berada pada baris paling kiri maka tidak perlu dipindahkan.

8. Lalu kita pindahkan angka 6 dan kita taruh di baris paling kiri. 

1 2 3 4 5 6 7 8 9

1 2 3 4 5 6 7 8 9 

9. Untuk angka sisanya bisa kalian perhatikan sudah memenuhi dan sudah tepat pada barisnya. 


1 2 3 4 5 6 7 8 9 

Nah setelah kita pindahkan angka terakhir, baris sudah terurut berdasarkan ascending dan sudah full sorted.

Metode sort yang lain





Share this

1 Response to "Pengertian Selection Sort"